6 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Jogja untuk saat ini memang banyak dicari orang. Karena wisata jogja terkanal dengan wisata yang murah meriah dan juga tentunya Instagramable. Dalam artikel ini saya akan memberikan referensi untuk kalian tempat wisata Jogja selain pantai yang dekat dengan malioboro, dan tentunya juga selain malioboro, yang notabene malioboro adalah tempat wisata yang menjadi ikon kota Yogyakarta.

Apabila kalian hendak berwisata ke jogja dengan mancari paket wisata jogja. Silahkan cari di google paket wisata jogja. Karena dalam artikel ini saya hanya akan membagikan tempat wisata yang saya rekomendasikan untuk kalian kunjungi dan tentunya membuat kalian tidak rugi untuk datang ke jogja.

1. Museum Keraton Kesultanan Yogyakarta

Tempat wisata Jogja pertama ini tentunya sudah tidak asing lagi. Museum Keraton Yogyakarta menyimpan banyak sekali benda peninggalan yang mencerminkan keistimewaan Jogja. dan sekarang menjadi tempat wisata yang keren banget. Untuk mengetahuinya kalian saya rekomendasikan untuk berkunjung ke Museum Keraton Yogyakarta.

Dalam Museum ini, kalian akan disuguhi berbagai macam koleksi peninggalan masa lampau oleh Kesultanan Yogyakarta. Mulai dari pakaian kebesaran sultan. Dari mulai Sultan HB I sampai dengan sekarang. Selain itu kalian juga akan melihat koleksi-koleksi lainnya yang dipajang, termasuk lukisan Sultan hingga benda-benda peninggalan Belanda. Ketika masuk ke Museum ini, rasanya kita akan dibawa ke nuansa masa lalu yang sangat khas.

Letaknya tidak jauh dari pusat kota Jogja, bahkan Museum Keraton ini terletak di pusat kota Jogja. Sekitar 500 meter dari 0 km kota Yogyakarta. Jadi untuk kalan yang mau berkunjung ke Museum Keraton ini juga tidak perlu jauh-jauh untuk mendatanginya. Apalagi ketika kalian sedang di Malioboro.

Nah untuk biaya masuk Museum Keraton. Terakhir saya masuk masih dipatok harga Rp.5000 untuk satu orang. Jadi sangat terjangkau kan? Kalian tidak perlu keluar uang banyak untuk berwisata ke tempat ini. Dan kalian bisa mendapatkan pengetahuan terkait dengan sejarah Kesultanan Yogyakarta secara khusus dan secara umum sejarah kemerdekaan Indonesia, mengingat Jogja adalah kota yang banyak terlibat dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

2. Museum Sonobudoyo

Selain Museum Keraton,  tempat wisata Jogja kedua adalah Museum Sonobudoyo, museum ini wajib juga kalian kunjungi. Museum ini menyimpan koleksi yang sangat banyak. Dari mulai zaman purba hingga zaman kemerdekaan. bahkan terdapat replika kerangka manusia purba yang dipajang di sana. 

Tepat di depan Keraton terdapat sebuah alun-alun yang dikenal dengan alun-alun utara. Dan didepan alun-alun utara itulah Museum Sonobudoyo berada. Maka letaknya yang masih satu komplek dengan Museum Keraton dan juga lebih dekat dengan Malioboro membuat Museum ini jug awajib kalian kunjungi ketika kalian datang ke Jogja dan ingi mengetahui lebih dalam sejarah Indonesia.

Untuk biaya masuk Museum ini hanya dipatok dengan harga Rp.2000 saja. Sangat-sangat terjangkau dan tidak menguras kantong. Bahkan parkir di Museum ini juga gratis. Jadi kalian bisa menyisakan uang kalian untuk keperluan lain ketika kalian ingin berwisata di sini.

3. Komplek Tamansari

Selain Museum, kalian juga berwisata di situs yang satu ini, yaitu komplek atau kampung Tamansari. Bangunan ini dulunya adalah sebuah tempat yang digunakan untuk beristirahat Sultan. Di tengah bangunan terdapat kolam yang indah yang dulunya dipakai Sultan untuk mandi.

Bangunan Tamansari yang sekarang ada dan bisa dikunjungi adalah bangunan yang cantik dan sangat instagramable apabila kalian ingin berswafoto ditempat ini. Suasana yang sejuk dan bersih juga enak dipandang membuat kalian akan dimanjakan denga situs sejarah yang masih terjaga sampai sekarang ini.

Untuk tiket masuknya, kalian hanya dipatok dengan harga Rp.5000 saja. Cukup murah bukan?. Dengan harga sekecil itu anda sudah bisa memanjakan mata anda dan tubuh anda menikmati suasana historis dan suasana khas bangunan peninggalan yang masih terawat hingga sekarang. Dan tentunya kalian bisa mendapatkan hasil foto yang cantik untuk diapload ke akun sosial media anda.

4. Alun-alun Selatan

Nah untuk alun-alun selatan ini juga temppat yang wajib kalian kunjungi ketika hendak menikmati suasana Jogja dengan segala kesederhanaannya. Di alun-alun Selatan ini kalian bisa njajan sesuka hati kalian dan menjadi tempat nongkrong juga yang nyaman. 

Selain itu kalian juga bisa bermain naik goes. Yaitu sepeda yang dimodifikasi untuk bisa ditumpangi 5-8 orang. Dan tentunya dengan hiasan-hiasan menarik dan lampu warna-warni yang cantik. dan tentunya itu bisa kalian gunakan sebagai latar belakang selfi yang menarik dan instagramable banget deh pokoknya.

Untuk lokasinya, alun-alun selatan atau yang cah Jogja sering menyebutnya alun-alun kidul atau alkid ini juga tidak jauh dari pusat kota Jogja. Kalian bisa menempuh perjalanan sekitar 10 menit dengan kecepatan 40-50km/h dari nol km Jogja. Dan kalian hanya diminta membayar parkir seharga Rp.3000 saja. Dan apabila kalian hendak njajan, ya bayar lagi. Apalagi nggoes.

5. Gereja Bernuansa Eropa di Kampung Sayyidan

Sebenarnya bangunan ini bukanlah gereja, namun karena bentuknya mirip gereja bernuansa Eropa di abad pertengahan, maka untuk memudahkan mengidentifikasi bangunan tersebut banyak orang yang menyebutnya gereja.

Nah bangunan ini sebenarnya adalah sebuah rumah milik keluarga dan dulunya dipakai untuk produksi batik. Setelah sekian lama kamudian tidak digunakan dan bahkan bangunan tersebut awalnya tertutup oleh bangunan lain sehingga tidak banyak orang tau tentang bangunan mirip gereja tersebut.

Namun setelah bangunan yang menutupi tersebut dibongkar, maka bangunan unik yang mirip gereja tersebutpun akhirnya bisa telihat dri jalan raya. Dan karena keunikan arsitekturnya. Banyak banget orang-orang yang mengambil foto dengan berlatarbelakang bangunan tersebut. Dengan caption-caption ala mereka.

6. Pasar Kembang

Terakhir, orang-orang biasa menyebutnya sarkem, gak perlu saya jelaskan deh. Pasti kalian sudah pada tau. Letaknya didepan stasiun tugu dan dekat dengan malioboro. Apabila kalian menuju arah Jalan Malioboro kalian akan menemui jalan bercabang. Nah ketika kalian hendak ke Malioboro kalian ambil jalan belok kiri. Tapi jika kalian hendak ke Pasar Kembang, kalian ambil jalan ke kanan. Setelah itu, kalian sudah masuk ke jalan pasar kembang atau bahasa inggrisnya market flower.

Namun, fasilitas di jalan ini tidak saya rekomendasikan untuk kalian coba ya. Hehe

Baiklah, selesai sudah saya memberikan rekomendasi kepada kalian tempat wisata jogja yang wajib dikunjungi. Tentunya rekomendasi saya ini hanya sebagian kecil tempat wisata yang ada di jogja. Selain itu, kalian bisa mengeksplor tempat wisata lain yang ada di Jogja yang tentunya banyak yang lebih indah dan lebih modern bahkan lebih pelosok daripada ini.

Namun rekomendasi wisata yang saya berikan di atas adalah tempat wisata yang letaknya di keramaian kota dan tidak jauh dari pusat kota.

Share artikel ini jika bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "6 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel